Membahas Tentang Obat Alami Penyakit yang Ampuh

Obat Alami dan Cara Mengatasi Sakit Perut Anak yang Harus Orang Tua Ketahui

Obat Alami dan Cara Mengatasi Sakit Perut Anak yang Harus Orang Tua Ketahui
Obat Alami Sakit - Sakit Perut merupakan sakit yang umum pada anak-anak. Sebagai orangtua, pengetahuan mengenai obat sakit perut anak sebaiknya Anda miliki. Pasalnya, sensai sakit pada perut sangat sering dialami oleh anak-anak. Dokter anak terkemuka asal Amerika mengatakan bahwa sakit perut sangatlah umum ditemukan pada anak-anak, terutama dalam rntang usia 4-8 tahun. Jadi, jangan heran bila anak Anda sakit perut, karena hal tersebut memang hal yang umum.

Sakit perut pada anak memiliki berbagai sebab. Penyebab sakit perut pada anak yang paling sering adalah karena makanan yang ia konsumsi, otot yang kram atau teregang di sekitar perut dan stress psikologis. Malah, alasan otot kram atau teregang serta stress psikologis lah yang menduduki peringkat pertama penyebab sakit perut pada anak. Jadi saat anak Anda mengeluh sakit perut, lebih baik Anda coba dulu obat sakit perut anak alami yang akan dibahas di tulisan ini sebelum membawanya ke dokter.

Inilah Obat Alami dan Cara Mengatasi Sakit Perut Anak yang Terbukti Efektif


Berat badan anak kecil berbeda dengan berat badan dewasa. Selain perbedaan itu, sistem tubuh yang bekerja pun tidak bisa sepenuhnya disamakan dengan orang dewasa. Hal inilah yang membuat pengobatan pada anak berbeda dengan orang dewasa. Karena itu, tulisan ini akan menyajikan obat sakit perut anak tradisional dan alami yang aman dan pastinya dapat Anda coba sendiri. Berikut adalah daftar obat sakit perut anak tradisional dan alami:

Teh 


Sajikan secangkir teh hangat untuk anak Anda. Teh hangat dapat menjadi obat sakit perut anak karena memiliki berbagai macam manfaat, diantaranya adalah efek anti radang, menenangkan dan melegakan ketegangan otot. Jadi, teh dapat membantu menghilangkan rasa tidak nyaman pada perut, melemaskan otot di sekitar perut yang tegang serta mengurangi kram pada dinding saluran pencernaan. Bila ingin manis, teh dapat dikombinasikan dengan madu, karena madu juga memiliki banyak efek yang baik bagi kesehatan anak Anda.

Jahe

Teh dengan jahe merupakan pilihan yang baik sebagai obat sakit perut anak. Jahe mengandung gingerol, suatu antioksidan kuat yang dapat mengurangi jumlah dan efek jahat dari radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu, gingerol juga mampu mengurangi sensasi mual dan rasa tidak nyaman pada perut. Jahe juga memiliki efek anti radang serta dapat menetralkan pH di lambung. Bila tidak teh, berikan minuman yang mengandung jahe lainnya. Namun jangan paksa anak Anda bila ia tidak suka, karena stress psikologis dapat menambah perasaan nyeri pada perutnya.

Berikan Penghangat

Meletakkan botol atau botol karet berisi air panas di perut anak Anda selagi duduk atau berbaring dapat meredakan nyeri pada perut. Menghangatkan perut dapat menjadi obat sakit perut anak secara alami. Suhu yang hangat dapat meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit perut sehingga dapat menetralkan rasa sakit perut yang datang dari perut bagian dalam. selain meletakkan benda yang hangat, mengoleskan minyak yang menimbulkan rasa hangat juga dapat membantu menghilangkan sakit perut.

Hidangkan Makanan yang Agak Tawar

Obat sakit perut anak yang satu ini bukan berarti anak Anda dilarang makan makanan enak. Makanan dengan rasa yang menyengat, seperti yang mengandung banyak bumbu, bersaus, berminyak atau pedas dapat merangsang dan mengiritasi saluran pencernaan sehingga dapat lebih mudah timbul perasaan nyeri perut. Selain itu, makanan tawar dan lembut seperti nasi, bubur, pasta, yogurt dan roti lebih mudah dicerna oleh saluran pencernaan dan dapat mengembalikan fungsi pencernaan menjadi lebih optimal.

Mengatur Makanan dan Minuman

Selain memberikan makanan lembut dan memilihkan rasa yang tidak menyengat, mengatur pola makan saat sakit perut juga dapat menjadi obat sakit perut anak. Berikan anak Anda makanan dalam porsi yang kecil namun sering dibandingkan pemberian makanan 2-3 kali per hari dalam porsi besar. Hindari pula makanan dan minuman berkafein saat anak sedang sakit perut seperti minuman bersoda. Sebaliknya berikan air putih, teh, kuah sop atau kaldu untuk menjaga asupan cairan anak Anda. Dan ingat untuk memberikan air sebanyak 8 gelas per hari untuk menghindari dehidrasi. Minum terutama harus diperbanyak bila anak dalam keadaan diare.

Yogurt

Bila diare merupakan alasan dari sakit perut yang diderita anak Anda maka mengkonsumsi yogurt merupakan obat sakit perut anak yang cocok bagi anak Anda. Penyakit diare yang ditandai dengan gejala BAB lebih dari 3 kali sehari akan membuang dan mengacaukan keadaan bakteri baik dalam usus. Yogurt yang mengandung banyak bakteri baik bagi saluran pencernaan sangatlah baik untuk mengembalikan keseimbangan koloni bakteri di usus Anda. Bakteri baik ini akan membantu kerja usus dan menghambat pertumbuhan kuman jahat lainnya.

Bermain di Luar

Bila anak Anda menderita konstipasi maka bermain atau beraktivitas fisik di luar merupakan obat sakit perut anak yang baik. Aktivitas fisik akan membantu pergerakan usus atau saluran pencernaan sehingga dapat memperlancar pencernaan. Sebaliknya, tidur atau bermalas-malasan di rumah dapat mengurangi gerakan usus sehingga menimbulkan konstipasi. Sarankan anak Anda untuk bermain seperti berlari, berjalan, naik sepeda atau berkejaran dengan anak lain di luar rumah ketimbang bermain games di dalam rumah.

Kapan Saya Harus membawa Anak ke Dokter?


Mengobati anak Anda dengan obat sakit perut anak tradisional dan alami merupakan pilihan yang mudah dan utama dalam mengatasi keluhan anak Anda. Namun, sebagai orangtua, jangan terlena dan tidak waspada bila melihat ada keluhan lain yang dapat menjadi tanda bahwa anak Anda mungkin saja menderita penyakit yang lebih serius. Berikut adalah tanda-tanda yang harus selalu Anda waspadai:
  • Anak tidak dapat duduk atau berdiri karena sakit perutnya
  • Dia tidak membiarkan Anda menyentuh perutnya
  • Sakit perut disertai demam yang tinggi
  • Ada lendir atau darah pada feses atau kotorannya
  • Muntah yang berwarna kekuningan atau hitam atau mengandung darah
  • Nyeri saat berkemih
  • BAB lebih dari 4x sehari
  • Frekuensi dan jumlah air kencing yang menurun
  • Anak menangis tanpa air mata
Sebaiknya semua orangtua memiliki pengetahuan mengenai obat sakit perut anak. Apalagi mengingat bahwa gejala ini merupakan gejala yang sangat terjadi pada anak. Obat yang diberikan merupakan obat alami dan tradisional sehingga orangtua tidak perlu khawatir akan efek samping dan penggunaan obat yang salah pada anak Anda. Ingat juga untuk selalu waspada bila tanda bahaya dari sakit perut terjadi pada anak Anda. Jangan mencoba memberikan obat-obatan tanpa berkonsultasi dengan dokter, karena ditakutkan dapat memperparah penyakit dan mengaburkan gejala sehingga dokter akan sulit mendiagnosis penyakit yang diderita oleh anak Anda.

Sekian Obat Alami dan Cara Mengatasi Sakit Perut Anak yang Harus Orang Tua Ketahui. Semoga bermafaat!
0 Komentar untuk "Obat Alami dan Cara Mengatasi Sakit Perut Anak yang Harus Orang Tua Ketahui"

Back To Top