Membahas Tentang Obat Alami Penyakit yang Ampuh

Penyebab Sakit Mata dan Cara Tradisional Menyembuhkannya

Obat Alami Sakit - Hampir semua orang pernah mengalami sakit mata. Mata merah, bengkak dan gejala-gejala sakit mata lainnya. Sakit mata dapat membuat anda pusing dan sensitif terhadap cahaya. Penyakit mata harus segera diobati supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Secara umum penyebab sakit mata tidaklah sama dan bisa diakibatkan oleh banyak faktor baik dari luar ataupun dari dalam. Setiap orang pasti berisiko terkena sakit mata, yang penyebabnya juga pasti berbeda-beda. Mata merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting dan harusdijaga kesehatannya dengan baik. Pasalnya seperti yang sudah kita ketahui, mata kita adalah salah satu alat indra yang kondisinya sangat terbuka saat kita melakukan aktivitas. Jadi besar kemungkinan mata bisa terganggu oleh faktor-faktor dari luar. Supaya Anda bisa mengetahui lebih banyak mengenai penyakit mata, pada artikel kali ini kami akan membahas tentang beberapa penyebab penyakit mata secara umum dan bagaimana cara menyembuhkannya dengan obat sakit mata tradisional. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan yang telah kami rangkum berikut ini.

Dua Kategori Penyebab Sakit Mata Secara Umum


Penyebab penyakit mata secara umum dibedakan menjadi dua kategori, yaitu sakit mata yang terjadi pada permukaan mata (ocular) atau yang terjadi di dalam orbit mata (orbital). Masing-masing kategori penyebab sakit mata merah ini pun memiliki banyak faktor risiko dan berbeda-beda. Bahkan akibatnya pun berbeda-beda, ada yang hanya berdampak ringan bagi kesehatan mata dan ada juga yang cukup berbahaya untuk mata. Nah, berikut ini adalah penjelasan mengenai bagaimana penyebab sakit mata ocular dan orbital.

Ocular

Ocular atau penyebab gangguan mata yang terjadi pada permukaan mata adalah suatu kondisi sakit mata yang dirasakan pada bagian luar struktur mata. Ada beberapa penyebab sakit mata yang satu ini, dan gejalanya pun berbeda-beda. Yang pertama, sakit mata ocular bisa disebabkan oleh alergi, bakteri, zat kimia dan peradangan oleh virus atau yang disebut dengan konjungtivis. Ciri-cirinya penyebab sakit mata merah ini adalah rasa sakit yang ringan dan terasa gatal. Tidak berbahaya, namun harus segera diobati.

Selain itu penyebab lain juga bisa disebabkan oleh kornea yang lecet. Di mana kornea merupakan bagian pada mata yang sifatnya sensitif dan lembut. Hal ini bisa disebabkan oleh terjadinya gesekan pada permukaan kornea. Misal bisa karena kemasukan benda asing atau karena menggunakan lensa kontak. Selain karena gesekan benda asing, penyebab sakit mata ocular lainnya bisa dikarenakan efek kimia atau luka bakar. Zat asam atau zat basa yang masuk ke mata bisa membuat mata terluka atau mengalami iritasi. Luka bakar juga bisa diakibatkan oleh sumber cahaya yang sangat pekat seperti dari sinar matahari atau bahkan dari percikan api kecil.

Orbital

Penyebab sakit mata yang lain adalah sakit mata orbital atau yang berasal dari dalam orbit mata. Artinya sakit mata yang satu ini biasanya dirasakan pada bagian dalam mata atau di belakang permukaan mata. Yang satu ini cukup berbahaya, karena bisa berdampak buruk kedepannya apabila tidak ditangani secara serius. Misalnya seperti glaukoma, salah satu penyakit yang bisa membuat nyeri orbital. Glaukoma ini bisa disebabkan oleh terjadinya tekanan internal pada mata. Jika tidak segera diobati, akibatnya mata bisa mengalami cacat atau bahkan sampai mengalami kebutaan. Apa itu glaukoma? Glaukoma ini terjadi akibat penyumbatan cairan mata atau meningkatnya produksi aqueos humor. Secara umum glaukoma ini terjadi pada orang dewasa.

Penyebab sakit mata orbital yang lain adalah iritis atau peradangan yang terjadi pada iris. Hal ini bisa membuat mata bagian dalam terasa sakit. Kemudian ada juga neuritis, sakit mata yang terjadi karena infeksi bakteri atau virus. Infeksi tersebut akan mengakibatkan peradangan pada saraf optik yang terhubung dengan bagian belakang mata. Selanjutnya ada juga gangguan sinusitis, yang juga diakibatkan oleh infeksi bakteri atau virus karena sinus. Rasa nyeri yang dirasakan biasanya akan terjadi pada lekuk mata.

Bukan hanya itu saja, namun Anda juga harus mewaspadai hal-hal yang bisa mengakibatkan trauma pada mata. Misalnya akibat pukulan, akibat kecelakaan, dan sebagainya. Hal ini bisa menyebabkan rasa sakit yang cukup signifikan pada mata. Pasalnya benturan yang terjadi pada mata ini bisa mengakibatkan goresan pada kornea mata bahkan lebih dari itu. Oleh karena itu penyebab sakit mata yang satu ini sebaiknya harus segera diberikan pertolongan medis supaya tidak berdampak lebih parah lagi.

Obat Sakit Mata Tradisional Alami yang Ampuh


Itu tadi adalah penjelasan mengenai penyebab sakit mata merah atau sakit mata yang terjadi karena hal-hal lainnya. Tentu saja penjelasan tadi harus menjadi perhatian bagi Anda supaya Anda lebih waspada dan lebih menjaga kesehatan mata Anda. Nah, apabila Anda sudah terlanjur mengalami sakit mata, ada baiknya jika Anda mengobatinya dengan obat sakit mata tradisional. Pasalnya selain tidak akan memberikan efek samping negatif, obat-obatan tradisional juga mudah dibuat dan mudah didapatkan di sekitar kita.

Bawang Putih

Selama ini bawang putih diketahui oleh masyarakat bisa membuat mata perih. Namun demikian, siapa sangka bawang putih bisa menjadi obat sakit mata. Sebelumnya Anda harus menyiapkan terlebih dahulu bawang putihnya, kupas dan potong bagian ujungnya. Kemudian cuci mata Anda sampai bersih lalu keringkan dengan handuk yang lembut. Baru setelah itu Anda oleskan ujung bawang putih yang tadi Anda potong ke bagian bawah mata, seperti ketika saat Anda menggunakan eyeliner. Diamnkan beberapa saat, dan biarkan sampai mata Anda berair. Lakukan cara ini sebelum Anda tidur di malam hari.

Daun Sirih

Selain dengan bawang putih, Anda juga bisa menggunakan daun sirih sebagai obat sakit mata alami. Untuk membuatnya silahkan Anda sediakan 1-3 lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih. Rebus daun sirihnya dengan air secukupnya sampai mendidih. Nah, setelah air rebusannya mulai dingin, saring rebusan airnya menggunakan saringan teh. Kemudian gunakan kain halus yang sudah dicelupkan pada air rebusan daun sirih tersebut untuk membersihkan area mata yang terasa sakit. Atau Anda juga bisa menggunakan air tersebut untuk obat tetes.

Air Hangat

Yang satu ini adalah salah satu cara menyembuhkan penyebab sakit mata merah paling sederhana. Anda hanya membutuhkan air hangat secukupnya dan juga kain yang halus. Sebelumnya Anda bersihkan dulu mata Anda dengan air sampai bersih dari segala macam kotoran. Setelah itu kompres mata Anda dengan kain halus yang sudah dicelupkan pada air hangat dan istirahatkan mata Anda untuk sementara. Hindari aktivitas mata yang berlebihan seperti nonton TV, bermain HP atau menatap layar komputer terlalu lama.

Demikian penjelasan singkat kami mengenai apa saja penyebab sakit mata secara umum dan juga bagaimana cara mengobatinya dengan metode tradisional. Semoga setelah membaca artikel ini Anda dan para pembaca yang lain bisa terinspirasi untuk lebih menjaga kesehatan matanya. Sekian artikel kali ini dan semoga bermanfaat!

0 Komentar untuk "Penyebab Sakit Mata dan Cara Tradisional Menyembuhkannya"

Back To Top