Membahas Tentang Obat Alami Penyakit yang Ampuh

Inilah Obat Batuk Alami dan Tradisional untuk Anak-Anak yang Ampuh!

Obat Batuk Alami dan Tradisional untuk Anak-Anak yang Ampuh
Obat Alami Sakit - Obat batuk herbal/ alami dan tradisional untuk anak memang merupakan pilihan yang paling banyak dicari oleh orang tua guna mengurangi keluhan batuk pada sang buah hati. Selain aman dari efek samping, obat batuk herbal/ alami dan tradisional juga mudah didapat. Sebagai negara dengan begitu banyak sumber rempah-rempah yang tersebar hampir di seluruh pelosok negeri ini, tentu saja tidak sulit untuk menemukan ramuan herbal guna mengurangi batuk pada anak.

Sesuai dengan keluhan batuk yang dirasakan oleh anak, beberapa jenis obat batuk herbal ternyata mampu mengurangi keluhan batuk yang spesifik seperti jahe yang bisa menjadi obat batuk berdahak anak. Melihat banyaknya pilihan terapi herbal yang bisa digunakan, ibu diberi kemudahan untuk bisa memilih sesuai dengan kesukaan anaknya masing-masing dan tidak perlu mencoba semua jenis tanaman herbal ini. Di dalam artikel ini kita akan membahas tanaman-tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat batuk herbal untuk anak dan juga bagaimana cara pengolahannya.

Bahan Alami yang Berkhasiat sebagai Obat Batuk Herbal untuk Anak


Batuk dan flu merupakan keluhan dari sistem pernapasan yang paling banyak ditemui baik bagi orang dewasa maupun anak. Batuk sendiri merupakan salah satu respon tubuh manusia untuk menghindari maupun guna mengeluarkan benda asing yang masuk ke dalam saluran nafas. Di bawah ini terdapat sejumlah tanaman herbal yang bisa anda buat sendiri di rumah guna mengurangi keluhan batuk pada anak.

Jahe 


Jahe merupakan tanaman herbal alami yang sangat mudah ditemui di negara kita. Jahe sendiri merupakan salah satu tanaman rimpang berbentuk jemari dengan ruas pada bagian tengahnya yang termasuk dalam suku Zingiberaceae. Tanaman ini sudah lama diketahui memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan.

Pemanfaatannya sebagai obat batuk herbal untuk anak, jenis tanaman ini dapat digunakan sendiri, selain itu juga dapat  anda campurkan dengan kencur guna mendapatkankan efek maksimal. Cara membuatnya juga mudah, siapkanlah jahe dan kencur masing-masing dengan ukuran sebesar ibu jari, lalu dimemarkan dan direbus dengan menggunakan air kurang lebih sebanyak satu gelas. Setelah itu, tunggulah hingga air dari rebusan jahe dan kencur ini hanya tersisa setengahnya saja.

Setelah itu ramuan herbal jahe dan kencur sudah bisa disajikan selagi hangat dan guna menambah rasa pada ramuannya anda bisa menambahkan satu sendok madu atau  perasan jeruk nipis ke dalamnya. Baik jahe maupun kencur memiliki efek menghangatkan tenggorokan yang sedang meradang saat sang anak mengalami batuk.

Jeruk nipis 


Siapa yang tidak mengetahui tanaman berbentuk bulat dengan warna hijau yang khas ini. Tanaman yang berasal dari genus Citrus ini memang dikenal memiliki banyak manfaat. Selain sebagai obat batuk yang aman baik bagi orang dewasa maupun anak dan sudah dikenal sejak dahulu, jeruk nipis juga diketahui memiliki efek yang baik untuk menurunkan berat badan dan kecantikan.

Cara mengolah jeruk nipis jika kita ingin menggunakannya sebagai obat batuk herbal untuk anak juga sangat mudah.  Anda cukup menyiapkan perasan jeruk nipis sebanyak satu sendok makan dan dicampur dengan kecap manis kemudian dikonsumsi oleh sang buah hati. Bagi anak yang kurang menyukai kecap manis, anda bisa menggantinya dengan madu.

Selain itu anda bisa membuat minuman hangat dengan cara mencampurkan perasan jeruk nipis ke dalam air hangat dan tambahkan satu sendok madu ke dalamnya. Minuman ini dapat dinikmati anak guna mengurangi rasa gatal di tenggorokan yang sering menyertai keluhan batuk.

Madu 


Tanaman herbal berikut yang bisa dipilih dan digunakan sebagai obat batuk herbal untuk anak adalah madu. Madu diduga memiliki efek guna mengurangi infeksi bakteri dan juga proses radang yang terjadi pada tenggorokan. Madu dengan konsistensi yang kental mampu melapisi saluran tenggorokan dan mengurangi rasa gatal dan nyeri pada tenggorokan.

Akan tetapi perlu dicatat bahwa madu tidak dianjurkan pada bayi dengan usia di bawah satu tahun, mengingat daya tahan tubuhnya yang belum sempurna dan dapat berisiko terkena botulisme karena spora Clostridium botulinum penyebab botulisme pada anak yang banyak ditemukan di dalam beberapa produk madu.

Pengolahan madu sebagai obat batuk untuk anak juga tidak sulit, seperti sudah dijelaskan di atas anda dapat mencampurkan madu dengan berbagai jenis ramuan lainnya karena rasa madu yang manis dan disukai oleh anak-anak.

Minyak tradisional 


Keluhan batuk yang dirasakan oleh anak biasanya disertai dengan nyeri pada tenggorokan maupun daerah dada terutama bagi mereka yang mengalami batuk kering. Ramuan minyak tadisional maupun minyak kemasan yang sudah banyak dipasarkan di sekitar anda dapat digunakan untuk mengurangi rasa tidak nyaman di dada.

Selain itu dengan mengoleskan minyak tradisional ini ke daerah punggung dan dada sang buah hati, mereka akan merasa lebih nyaman karena rasa hangat yangdiberikan oleh penggunaan minyak tersebut. Ramuan minyak ini juga sangat aman bila ingin digunakan anak dengan usia berapapun.

Apakah Semua Jenis Obat Herbal di Atas Cocok untuk Berbagai Jenis Batuk?


Setelah membahas sejumlah hal yang berguna guna mengurangi keluhan batuk maupun gejala penyerta yang dimilikinya, akan timbul pertanyaan apakah semua ramuan di atas dapat digunakan untuk menyembuhkan batuk pada anak?

Jawabannya tanaman herbal di atas telah terbukti dapat mengurangi keluhan batuk yang dirasakan sang buah hati, akan tetapi untuk mengobati penyakit yang mendasari keluhan batuk tersebut anda tetap perlu mempertimbangkan anjuran dari dokter. Seperti yang sudah sempat dibicarakan di atas batuk merupakan respon yang diberikan oleh tubuh terhadap proses radang maupun benda asing di dalam saluran nafas kita dan bukanlah sebuah penyakit yang berdiri sendiri.

Sebagian besar keluhan batuk dan flu pada anak disebabkan oleh infeksi saluran nafas bagian atas (ISPA) yang disebabkan oleh berbagai organisme penyebab. Infeksi virus merupakan infeksi yang paling banyak ditemui pada kasus ISPA dan diikuti oleh infeksi bakteri. Pada infeksi virus, asupan cairan dan nutrisi yang adekuat bagi sang buah hati sudah sangat membantu guna mempercepat proses penyembuhan. Penggunaan tanaman herbal di atas juga dapat mengurangi keluhan dan membuat proses penyembuhan lebih cepat.

Berbeda dengan infeksi virus, pada kasus-kasus yang disebabkan oleh infeksi bakteri beberapa intervensi medis seperti pemberian obat biasanya perlu dilakukan oleh dokter, guna menghindari penyebaran infeksi ke saluran nafas bagian bawah yang justru sangat berbahaya bagi sang buah hati. Penggunaan tanaman di atas sebagai obat batuk anak kembali lagi lebih diindikasikan untuk mengurangi gejala batuk dan nyeri tenggorokan.

Untuk itu, bagi setiap orang tua dan ibu yang mengurus anak di rumah, penggunaan tanaman-tanaman herbal seperti di atas memang diperlukan guna mengurangi keluhan sang buah hati. Akan tetapi perlu diperhatikan, anda harus bijak memutuskan kapan harus membawa anak anda ke dokter terutama jika keluhannya tidak membaik. Semoga artikel tentang obat batuk herbal untuk anak ini bermanfaat dan selamat mencoba!
0 Komentar untuk "Inilah Obat Batuk Alami dan Tradisional untuk Anak-Anak yang Ampuh!"

Back To Top